Antara Impian dan Kenyataan. (2)
- Dapatkan link
- X
- Aplikasi Lainnya
Seperti yang dikatakan oleh pakar marketing dari Mark Plus Hermawan Kartajaya.........(yang lalu)
Bahwa untuk bisa berhasil menjual produk (baca : juga dirinya) orang harus melakukan CI-EL (Creativity, Innovation,Entrepreneurship dan Leadership). Bila ingin berhasil dalam marketing, harus punya jiwa kreatifitas yang tinggi dan berinovasi saat memasarkan produknya (dirinya) ke calon pembeli.
Tapi menurut Hermawan - penulis puluhan buku tentang marketing yang sudah diterjemahkan kedalam 23 bahasa ini - dalam mencari pembeli orang juga harus kreatif dalam inovasi.
Artinya,dia harus bisa menjelaskan solusinya untuk customer itu apa.
Creatifitas sangat perlu. Sebab bila tidak usaha hanya rutinitas dan sulit adaptif,alias yang dilakukan hanya itu2 saja. Inovasi diperlukan untuk mendukung kreatifitas. Karena itu setiap usaha dibidang marketing harus dibangun dengan pertanyaan : seberapa baik inovasinya untuk bisa menjadi solusi masyarakat.
Sedangkan pengertian entrepreneurship dan leadership yang tinggi adalah seseorang harus bisa memanfaatkan kesempatan dari perubahan yang terjadi dimasyarakat.
Pertanyaannya : sudahkah para penjual (mereka yang selama ini berkampanye dalam Pemilu) melakukan hal2 yang telah dianjurkan oleh Hermawan?
Jawabannya adalah : jauh panggang dari api. Para pelaku kampanye selalu saja melakukan hal2 yang rutinitas seperti : debat sesama capres,dan janji2 muluk yang faktanya tak lebih adalah hanya merupakan angin surga.
Rakyat kecil tak mengerti apa yang dikatakan dalam debat para capres. Karena selain jangkauan dan wawasan mereka tak sampai, juga memang bukan itu yang mereka butuhkan dan yang bisa menyentuh pikiran dan perasaan mereka.
Yang mereka perlukan adalah hal2 yang sederhana tapi konkrit seperti : harga2 yang murah,lapangan pekerjaan yang mudah dan kondisi keamanan yang nyaman,aman dan damai.Sangat sederhana.
Sementara apa yang telah dan sedang dirasakan oleh masyarakat dari dulu sampai sekarang,selalu saja harga2 yang terus merangkak naik, kegaduhan setiap saat,demo yang terus menerus,menghina dan memfitnah, serta hoax yang juga tiada henti2nya
Yang jelas,setiap diadakannya pemilu, selalu saja terjadi rutinitas,dan faktanya apa yang diucapkan oleh mereka yang berkampanye selalu tak sesuai dengan kenyataan.
Jelasnya,apa yang selama ini diharapkan dan di-nanti2kan oleh masyarakat setiap terjadinya pemilu hanyalah sekedar impian belaka.
Tak pernah sesuai dengan kenyataan.*
- Dapatkan link
- X
- Aplikasi Lainnya
Komentar
Posting Komentar